ASTER -a brand new of me-

aster-diponegoro
Selamat sore.
Jadi begini ceritanya, tepat tanggal 25 Oktober 2014 atau 1 Muharam 1436 Hijriah, aku dianugerahi nama -yang menurutku- ‘Subhanallah cantik banget. Apa sih namanya? Aster. Diambil dari nama salah satu bunga terpopuler di dunia yaitu Bunga Aster. Kok bisa sih dikasih nama gitu? Gimana ceritanya? Okay, let me know you all…
Kalau kalian rajin update blog-ku pasti udah tau dong kalo aku seorang Pramuka di Racana Diponegoro (UKM Pramuka Universitas Diponegoro Semarang). Yes. Sejak pertama kali masuk di Racana, aku punya nomor induk anggota, identitas itu aku pakai dari pertama kali masuk sampai tadi malam.Ya. Aku adalah si RD 11.046.781. Au sering menggunakan identitas itu diberbagai kesempatan. Dan kali ini, ketika aku diberikan amanah untuk menyandang sebuah nama baru yang menjadi identitasku sekarang dan selamanya di Racana Diponegoro, aku senang sekali. Aku bisa dengan bangga menyebut diriku Aster Diponegoro.
Aster Diponegoro sebenarnya adalah nama Pandega yang diberikan oleh Pembina Kehormatan Racana Diponegoro, Bunda Tien Soepeno (janda pahlawan Menteri Soepeno). Nama Pandega diberikan kepada anggota Racana Diponegoro yang diprosesi menjadi Pandega Bhakti. Pandega Bhakti merupakan jenjang kepandegaan tertinggi di Racana Diponegoro. Pandega Bhakti dianggap sudah mampu untuk membimbing adik-adiknya di gugus depan (meskipun bukan menjadi sosok yang sempurna). Rasanya senang sekali saat Bunda Tien berkata lirih ‘Namamu Aster’. Alhamdulillah, aku mendapat nama yang indah. Dan ternyata Bunda Tien mengharapkanku menjadi seseorang yang cantik, senang dan murni seperti perlambang bunga Aster yaitu kecantikan, kesenangan dan kemurnian.
Bunga Aster itu seperti apa sih? Ya. Sekaligus mengerjakan tugas untuk mencar nama yang diberikan Pembina, aku mengetik ‘bunga Aster’ pada google. Voila! Aku mendapat hasilnya. Dan aku cukup terkejut dengan informasi yang aku terima ini. Jadi, Bunga Aster itu masih berkerabat dengan Bunga Matahari dan Bunga Krisan. Bentuknya mirip-mirip sih. Hehehe. Dan menariknya Matahari adalah nama Pandega sahabatku, Viki dan Krisan Putih adalah nama Pandega sahabatku juga, Hafi. How could Bunda give such a name like this. Nggak nyangka banget. Pada dasarnya sih sama. Kita bertiga orang yang ceria (cuma Hafi yang kadang-kadang galau sendiri), suka banget becanda atau ketawa (Hafi sering banget jadi korban bully becanda kita), polos (sebenernya nggak juga sih, kita lebih sering begooo gitu). Hahaha. Ya sudahlah, yang jelas nama-nama itu, punya makna tersendiri untuk kami masing-masing.
Di sini, aku mau share juga taksonomi Bunga Aster hasil googling-ku.
sumbernya : Taksonomi Bunga Aster
Aster
Callistephus chinensis (L.) Nees
Nama umum
Indonesia : Aster
Inggris : China daisy
Callistephus chinensis

Klasifikasi
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Callistephus
Spesies : Callistephus chinensis (L.) Nees

Ada banyak hasil googling-ku tentang arti Bunga Aster ini. Hmm. Bagus-bagus sih artinya. Jadi ngerasa minder soalnya aku ngerasa nggak memiliki sifat-sifat seperti itu. Aku teringat pesan Bunda ‘Saya berharap kamu akan memiliki sifat-sifat seperti Aster’. Wooow. Subhanallah, Bunda. Bijak sekali Bunda Tien. 🙂
Bunga Aster awalnya ditemukan di Amerika Utara dan Eropa Selatan. Bunga ini sering ditanam di rumah-rumah warga. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 600 spesies Aster di seluruh dunia. Bunga ini bisa ditanam dimana saja (sepertinya cukup tahan dengan berbagai cuaca). Bunga Aster memiliki banyak warna antara lain merah, putih, biru, ungu, kuning, pink, lavender dan warna campuran. Sebagian besar kepala bunga Aster berwarna kuning dengan kelopak yang berwarna-warni.
Menurut Mitologi Yunani, bunga Aster terbentuk Dewi Asterea menangis. Nama Aster sendiri berasal dari kata -a star- yang berarti bintang.
Sekian, curhatan nggak penting sore ini. Meskipun sederhana, aku mensyukuri pemberian nama ini. Bukan nama indah yang aku inginkan tapi do’a-do’a dari nama ini yang membuatku sangat bahagia. Terima kasih Bunda! Terima kasih seluruh keluargaku di Racana Diponegoro. I love you all as always. 🙂

Satu respons untuk “ASTER -a brand new of me-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s